Kamis, 10 April 2008

Objection please...

Akhirnya ada juga yg baca blog saya,walaupun bukan dengan kesadaran mereka sendiri, tetapi karena saya menyebarkan keberadaan blog saya ala “Go tell it on the mountain, over the hills and everywhere…” (hiperbolis mode :ON). Dan seperti yg saya ramalkan, tulisan saya mendatangkan banyak kritik, mulai dari Nilam, yg ngomong “bahasanya aneh, bukan mbak yumi banget, trus kok ada kata ‘saya’ melulu”, sampe Fajar yg ngomong tulisan saya ga asik dibaca krn mencampurbaurkan gaya bahasa formal dan informal..


Tentunya saya ga terima begitu aja diprotes kyk gitu, jd pembelaan saya gini nih...


Ya gini ini nasib produk tabloid gosip yg pekerjaannya harus nulis laporan penelitian, wajar aja kl bahasanya kecampur2 ga jelas..Kl mo informal smua, seperti tabloid dan majalah yg saya baca, nanti ga menunjukkan citra diri sebagai seorang calon peneliti (wek cuih, gaya bgt,,,), tp kl mo formal smua, seperti kl nulis laporan atau karya ilmih, ya itu juga bukan diri saya dan ntar pd stres semua baca tulisan saya..Jadi akhirnya bahasanya kecampur2 deh...


Trus kenapa membahasakan diri dgn "saya"..Sebenarnya pertama kali nulis agak bingung juga, soalnya ga terbiasa nulis dgn sudut pandang orang pertama. Ternyata ribet juga menemukan kata yg pas utk membahasakan diri sendiri..


Kl pake kata "gw", walaupun sehari2 biasanya membahasakan diri pake ini kl ngobrol, tp rasanya aneh aja menggunakannya dlm bahasa tulisan,kesannya sok metropolis bgt,hehehehe...


Trus kl pake kata "aq", terus terang ga sreg bgt, soalnya kata "aq" tuh kesannya egoistis bgt..


Kata Fajar, knp ga pake kata "I", duh saya bukan CinLau..


Akhirnya Nilam usul kenapa ga pake "akika", duh ini usul yg lebih aneh lg...Trus ntar tulisan saya harus pake bahasa gaul semua dong...


Jadi,utk sekarang,saya merasa paling pas utk gaya bahasa yg ini..Tapi ntar deh kl bisa nemu yg lebih pas, pasti bakal disesuaiin kok..Oke...?


1 komentar:

shak mengatakan...

'Kl pake kata "gw", walaupun sehari2 biasanya membahasakan diri pake ini kl ngobrol, tp rasanya aneh aja menggunakannya dlm bahasa tulisan,kesannya sok metropolis bgt,hehehehe...'

Halah, gw pake 'gw' kok di log. Ya emang sih, gw metropolis. METROseksual, jemPOLan dan manIS.
Gw gt loh...

Yang jelas be yourself aja Yum. Asal jangan menyebut diri lo 'Yumi' aja. ya secara, udah bukan anak SMP lagi